Kilau Cahaya Goa Terawang

By Dolan Blora - Juni 27, 2019

Goa Terawang, Kecamatan Todanan, Blora, Jawa Tengah. (Instagram/JatengTwit)

Terkenal dengan produksi kayu jati, Blora, Jawa Tengah rupanya memiliki daya tarik wisata yang nggak kalah indah. Salah satunya adalah Goa Terawang yang terdapat di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan. Objek wisata alam ini tampak eksotis dengan celah-celah cahaya yang menembus ke dalam gua, mirip seperti yang ada di Goa Pindul, Yogyakarta.

Goa Terawang terletak di samping barat pusat kota Blora, berjarak sekitar 35 kilometer. Bila kamu dari Semarang, jarak yang harus kamu tempuh sekitar 107 km. Goa berusia lebih dari 10 juta tahun ini terbentuk di dalam batu gamping pegunungan kapur.

Ada enam buah gua di dalam satu lokasi Goa Terawang yang disebut sebagai gua terbanyak di Jawa Tengah itu. Di dalam lokasi seluas 13 hektar, ada satu gua induk, satu sendang serta lima gua kecil lain. Saat memasuki kompleks, kamu bakal merasakan udara sejuk lantaran ratusan pohon jati besar berjajar di mulut goa.

Untuk menuju ke Goa Terawang, kamu bisa menempuh perjalanan dari Semarang ke Purwodadi, berlanjut ke Kecamatan Wirosari, Grobogan. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Kunduran, Blora. Di pertigaan depan Puskesmas Kunduran, ambil arah kiri melewati jalan desa yang mulus selama lebih kurang 8 kilometer. Lokasi Goa Terawang berada persis di pinggir jalan.

Bila kamu memulai perjalanan dari Blora, pergilah ke arah pertigaan Pasar Ngawen. Lalu belok ke kanan melewati jalan menuju ke Japah, Padaan, Ngapus, sampai tiba di Todanan. Jarak yang akan kamu tempuh yakni sekitar 10 kilometer.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar