Gurihnya Sate Ayam Kampung Khas Blora

By Dolan Blora - Juli 24, 2019


Sate memang telah menjadi salah satu kuliner kebanggaan Indonesia, bahkan tokoh dunia banyak yang mengakui kenikmatan rasanya sate.

Sate Blora memiliki ciri khas sendiri dibanding sate dari kota lainnya, inilah ciri khas sate Blora yang perlu diketahui Kompasianer semua.




Sate Blora menyajikannya agak berbeda dengan sate lainnya yaitu menyajikan sate satu piring penuh. Penjual selalu membakar sate dalam jumlah besar dan akan dibagikan satu piring atau lebih tergantung jumlah pembelinya.





Sepincuk nasi putih dari daun jati yang di atasnya  diberi taburan toge dan disiram dengan kuah opor yang gurih. Ini sudah pasangan yang klop untuk menikmati sate Blora.

Sebagai kota yang terletak ditengah hutan jati, menjadikan daun jati sebagai wadah makanan di Blora. Gak cuma sate, masih ada makanan lagi yang menggunakan daun jati seperti lontong tahu dan pecel. Percaya atau tidak, makanan yang menggunakan daun jati sebagai wadah makin membuat makanan lebih nikmat.

 



Sate Blora memiliki bumbu kacang yang lembut, karena digiling berkali-kali. cara pembuatan bumbu kacangnya yaitu dengan digiling manual pakai tangan, cara ini untuk memunculkan tekstur halus dan kental saat disajikan.

 



Ini nih yang paling unik dari sate Blora saat makan diwarung, yaitu biarkan tusuk sate tetap di meja. Jangan dibuang yaa...

Tau gak kenapa gak boleh dibuang? Karena tusuk sate ini dijadikan bukti jumlah sate yang telah dimakan. Gak harus beli sepuluh atau kelipatannya, kalau makan di tempat, bisa makan eceran sesuai jumlah tusuk sate. Pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah tusuk sate.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar