Sajian Unik Kopi Santan Khas Blora

By Dolan Blora - Juli 27, 2019



Rasanya maknyus tenan. Kopi Santan ini akan saya masukkan dalam buku Kopi Nusantara yang sedang saya susun. Saat ini memang saya sedang melakukan penjelajahan tentang keberagaman jenis kopi di Indonesia. Salah satunya di Blora ini,” ucap tokoh kuliner legendaris (alm) Bondan Winarno saat berkunjung di Kopi Santan Jepangrejo bersama Wakil Bupati Arief Rohman, Kamis (21/9/2017).


Mulai dari cara menggoreng biji kopi dengan penggorengan dari tanah liat, proses pemerasan santan, perebusan serbuk kopi yang dicampur jadi satu dengan santan segar dan gula dalam sebuah alat rebus khusus bernama “Kothokan” hingga menuangkan ke dalam gelas mereka lakukan bersama-sama.


“Serbuk biji kopi robusta yang sebelumnya digoreng sanrai dengan potongan kelapa kecil lalu direbus bersamaan dengan santan segar dan gula menghasilkan rasa kopi yang benar-benar maknyus. Kombinasinya benar-benar menyatu antara kopi, santan segar dan gula. Beda rasanya jika hanya diseduh saja, yang gulanya hancur karena diaduk, bukan direbus. Santan segar yang baru diperas juga menambah rasa gurih tersendiri,” ujar (Alm) Bondan Winarno usai menyruput kopi santan panas panas.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar